Distribusi Produk

Pada artikel ini saya akan sharing mengenai distribusi produk berdasarkan buku Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto yang berjudul “Entrepreneurship Menjadi Pebinis Ulung” dan dari beberapa referensi lain.

Kunci keberhasilan distribusi produk menurut Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto dalam bukunya yang berjudul “Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung” yaitu:

Kunci keberhasilan distribusi produk adalah terjadinya minimasi biaya secara menyeluruh pada proses pemasaran, pengendalian persediaan, pergudangan, penanganan material, dan operasi transportasi.

Definisi distribusi menurut Basu Swastha tertuang dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran Edisi Kedua mengatakan bahwa:

Distribusi adalah saluran pemasaran yang dipakai oleh pembuat produk untuk mengirimkan produknya ke industri atau konsumen. Lembaga yang terdapat pada saluran distribusi adalah produsen, distributor, konsumen atau industri.

Berikut ini merupakan beberapa tujuan distribusi :

  1. Menyalurkan produk dari produsen ke konsumen
  2. Mempertahankan dan mengembangkan kualitas produk
  3. Menjaga stabilitas perusahaan
  4. Sebagi pemerataan prolehan produk di setiap wilayah
  5. Peningkatan nilai barang dan jasa
  6. Supaya proses produksi merata
  7. Mempertahankan kontinuitas proses produksi
  8. Menjaga stabilitas harga barang dan jasa

Berikut ini merupakan beberapa pelaku distribusi :

  1. Perantara
  2. Pengecer (Retailer)
  3. Pedagang Grosir (Wholesaler)
  4. Agen Penjualan (Sales Agent) atau Pedagang Perantara (Broker)

Saluran Distribusi

https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/2/7/27307f0e49a9cc9a6624f39e1ab158fbda4e955f.jpg

Berikut ini allternatif pilihan distribusi yang dapat digunakan produsen untuk mencapai konsumen :

1). Distribusi Langsung, Produsen mendistribusikan produknya langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara.

2). Distribusi Melalui Pengecer, Produsen mendistribusikan produknya melalui saluran pengecer untuk sampai ke konsumen.

3). Distribusi Melalui Grosir, Produsen mendistribusikan produknya melalui saluran grosir untuk seterusnya didistribusikan ke pengecer sebelum sampai ke konsumen.

4). Distribusi Melalui Agen atau Broker, Produsen mendistribusikan produknya untuk kemudian dijual ke grosir, pengecer atau keduanya.

5). Distribusi Langsung Produk Bisnis, Produk bisnis dijual langsung oleh produsen kepada pembeli industri.

6). Distribusi Grosir Produk Industri, Produsen menyalurkan produk industrinya melalui perusahaan grosir untuk disampaikan ke pebisnis.

Strategi Cakupan Distribusi

https://image.slidesharecdn.com/bab6-100208124159-phpapp02/95/strategi-distribusi-8-728.jpg?cb=1265632937

Strategi manajemen konflik dalam saluran distribusi

  1. Bargaining strategy, yaitu salah satu anggota saluran berinisiatif sendiri dalam proses tawar-menawar di mana ia bersedia mengalah, dengan harapan pihak lain juga berbuat serupa.
  2. Boundary strategy, yaitu menangani konflik dengan diplomasi, di mana kedua belah pihak mengirim wakil-wakilnya untuk berunding memecahkan konflik yang terjadi.
  3. Interpenetration strategy, yaitu pemecahan konflik dengan interaksi informal yang sering dengan melibatkan dengan pihak lain untuk membangun apresiasi terhadap pandangan masing-masing.
  4. Superorganizational strategy, yaitu menggunakan pihak ketiga yang netral untuk menangani konflik.
  5. Superordinate goal strategy, yaitu para anggota saluran yang berkonflik menetapkan tujuan bersama.
  6. Exchange of person strategy, yaitu masing-masing pihak yang berkonflik saling bertukar personil. Tujuannya agar masing-masing pihak dapat memahami sudut pandang dan situasi yang dihadapi pihak lainnya.
  7. Cooptation, yaitu menggunakan pemimpin organisasi lain yang ditempatkan di dewan penasihat atau dewan direktur untuk didengarkan pendapatnya dalam mengatasi konflik.

Distribusi Fisik

Menurut Tjiptono (1997:204) distribusi fisik adalah segala kegiatan untuk memindahkan barang dalam kuantitas tertentu, ke suatu tempat tertentu, dan dalam jangka waktu tertentu. Perpindahan fisik ini dapat berupa perpindahan barang jadi dari jalur produksi ke konsumen akhir dan perpindahan bahan mentah dari sumber ke jalur produksi.

Fungsi-fungsi dalam distribusi fisik meliputi :

  1. Transportation, yaitu memilih cara yang tepat untuk memindahkan barang ke tempat yang jauh jaraknya. Ini merupakan fungsi utama dari distribusi fisik. Alternatif-alternatif modal angkutan bisa meliputi rel (kereta api), air (kapal), truk, udara (pesawat), maupun menggunakan jaringan pipa khusus.
  2. Storage and warehousing, yaitu menyimpan barang untuk sementara, menunggu untuk dijual atau dikirim lebih lanjut.
  3. Inventory control, yaitu pemilihan alternatif apakah penyimpanan harus dilakukan terpusat atau tersebar.
  4. Material handling, yaitu pemilihan alat yang tepat untuk memindahkan barang ke tempat yang dekat, seperti ke gudang, ke kendaraan, ke retail store, dan sebagainya.
  5. Border processing, yaitu kegiatan-kegiatan seperti penentuan syarat-syarat pengiriman, mempersiapkan dokumen dan lain-lain.
  6. Protective packaging, yaitu penentuan wadah barang agar terhindar dari berbagai kerugian yang timbul selama pengiriman.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai distribusi produk berdasarkan buku Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto yang berjudul “Entrepreneurship Menjadi Pebinis Ulung” dan dari beberapa referensi lain. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya 🙂

Referensi

  1. Soegoto, Eddy Soeryanto. 2014. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  2. https://jurnalmanajemen.com/distribusi
  3. https://www.slideshare.net/abeyow/strategi-distribusi
  4. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-saluran-distribusi-channel-of-distribution/13401/2
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s